Melindungi Komputer Dari Bahaya Internet

27 Mei
Jika anda suka berbelanja secara online, berselancar di dunia maya dan menggunakan email, berikut tips yang bisa anda lakukan guna mengamankan data data penting anda.
Sampai detik ini langkah pertama untuk mengamankan komputer adalah dengan memasang program antivirus. Program ini akan melindungi komputer dari virus, trojan horse dan worm jahat. Jika ada virus baru muncul maka antivirus akan secara otomatis mengunduh data virus terbaru tersebut dari internet sehingga komputer anda tetap terlindungi.
Trojan horse adalah program kecil yang disusupi ke komputer kita dari internet yang bertujuan untuk mencuri data data penting sesuai dengan keinginan pembuatnya. Data data ini kemudian diunggah ke alamat pembuat trojan saat komputer kita tersambung ke internet.
Salah satu program perusak dan sangat berbahaya adalah backdoor trojan virus. Program ini dirancang untuk memanfaatkan kelemahan kelemahan yang ada pada sistem operasi Windows. Aktifitas virus ini tergantung dari keinginan pembuatnya. Ada yang bertujuan mencuri data data penting dari komputer sasaran, ada pula yang berujuan menghapus file penting dari Windows, yang pada ujungnya akan merusak sistem secara keseluruhan. Hebatnya lagi, backdoor trojan virus mampu menyembunyikan diri sehingga tidak terdeteksi oleh antivirus yang sudah ter-update sekalipun. Bahkan ada yang mampu menonaktifkan antivirus.
Program berbahaya lainnya yang berpotensi menganggu kenyamanan anda berkomputer adalah spyware. Spyware adalah program kecil yang terpasang pada program gratisan yang anda download dari internet. Program ini akan sangat menganggu karena ia akan selalu menampilkan iklan yang tidak anda inginkan saat membuka program gratisan tersebut. Disamping itu, ia akan mengirimkan data data mengenai aktifitas anda berkomputer kepada si pembuat begitu anda tersambung ke internet.
Bila anda suka ber-email ria maka anda harus berhati hati dengan apa yang disebut spoof email. Spoof email adalah email tipuan yang seakan akan berasal dari perusahan besar seperti ebay, paypal, internet banking dan lain lain. Email tipuan ini sebagian besar meminta data data penting dari akun anda untuk kemudian dicuri oleh pembuatnya. Jika anda mendapatkan email seperti ini lebih baik anda abaikan atau menanyakan kembali tentang kebenaran email tersebut kepada kontak email dari akun anda.
Akhirnya, jika anda menemukan gejala yang aneh dari komputer anda setelah beraktifitas di dunia maya, segera lakukan scanning dengan program antivirus. Tetapi cara yang paling ampuh untuk mengamankan komputer anda dari segala bahaya adalah dengan selalu menjaga aktifitas anda di dunia maya. Jangan melakukan tindakan yang belum anda ketahui efeknya apalagi menyangkut data data sensitif. Gunakanlah nurani anda dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: