Museum Titanic, Peringati 100 Tahun Kapal Tenggelam

19 Jul
Museum Titanic (foto: Dailymail)

BELFAST- Dalam rangka memperingati 100 tahun tenggelamnya kapal Titanic. Pemerintah Irlandia Utara kini tengah membangun sebuah bangunan museum yang merepresentasikan kapal fenomenal itu.

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Titanic. Ya, karena kapal Titanic memang fenomenal.

Kapal Titanic merupakan kapal uap penumpang terbesar di dunia pada masa peluncurannya, yakni pada tahun 1912.

Namun tragisnya, kapal kebanggaan dunia pada saat itu tenggelam pada pelayaran perdananya setelah menabrak gunung es di utara Samudera Atlantik pada 14 April 1912, sekira pukul 23.40, dan karam pada tanggal 15 April 1912 sekira pukul 02.00 waktu setempat.
Sebagai tempat di mana kapal Titanic dibuat, pemerintah kota Belfart, Irlandia Utara, membuatkan bangunan untuk dijadikan museum dengan bentuk yang dirancang menyerupai kapal raksasa nan megah itu.

Bangunan itu kini masih dalam tahap pembangunan dan belum selesai. Pemerintah Irlandia Utara menargetkan, museum tersebut akan selesai pada April 2012, tepat 100 tahun kapal Titanic tenggelam.

Museum yang telah menghabiskan dana pemerintah setempat sekitar 97 miliar poundsterling atau sekira Rp.1.346 triliun itu, diharapkan akan meningkatkan pariwisata Irlandia Utara.

Setahun yang lalu, di Amerika Serikat, tepatnya di Tennese dibangun sebuah replika kapal Titanic lengkap dengan gunung esnya. Di dalam replika yang menghabiskan biaya Rp244 miliar ini  terdapat 75 karyawan untuk melayani setiap pertanyaan seputar Titanic.

2 Tanggapan to “Museum Titanic, Peringati 100 Tahun Kapal Tenggelam”

  1. jagat April 11, 2012 pada 5:17 pm #

    titanic memng sejarah peristiwa besar yg sulit utk dilupakan, misterinya masih menyisakan ribuan pertanyaan org2 maupun kluarga korban, mungkin dgn adanya museum ini bs menjadi sejarah maritim yg besar nan kelam

  2. Chenkgelate Profil April 14, 2012 pada 4:57 pm #

    waduh sob🙂 memang iiya nih. apa lagi nonton Film nya menyentuh bggt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: