Manfaat buah Melinjo

14 Des

Melinjo (Gnetum gnemon Linn) adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (gymnospermae) yang berbentuk pohon. Pohon ini banyak terdapat di Indonesia, sehingga diyakini bahwa pohon melinjo adalah asli Indonesia, dugaan ini terjadi karena melinjo konon katanya hanya bisa tumbuh di Asia Tenggara.

Manfaat dari melinjo

Sebagaimana dilansir di media hasil penelitian Tri Agus Siswoyo seorang peneliti dari Universitas Negeri Jember menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada melinjo sangat besar, dan serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Lebih lanjut penelitian ini juga menjelaskan bahwa besarnya kandungan antioksidan yang dimiliki melinjo ini setara dengan vitamin C. Bahkan lebih detai lagi, protein utama yang terdapat pada melinjo mampu secara efektif membasmi radikal bebas penyebab penyakit seperti darah tinggi, kolestrol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini dan lain lain.

Cara mengkonsumsi melinjo, semua melinjo pada dasarnya bisa dimakan, hanya yang perlu diingat bagi mereka yang berpotensi penyakit asam urat tentu harus tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak. Cukup kira-kira satu genggam.
Sebelum dikonsumsi melinjo harus dicuci sampai bersih dan direbus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: