Arkeolog temukan Tempat Mumi dari kayu di Mesir

21 Feb

KAIRO – Arkelog berhasil menemukan wajah menakjubkan yang tersembunyi selama ribuan tahun. Adalah sebuah sarkofagus kayu, yang berhasil ditemukan lewat galian di pemakaman kuno Qubbet-el-Hawa di Aswan, Mesir.

Sarfokugus merupakan suatu tempat untuk menyimpan jenazah. Namun kali ini yang ditemukan terbilang unik, karena sarkofagus umumnya dibuat dari batu. Sarkofagus sering disimpan di atas tanah, maka seringkali diukir, dihias dan dibuat dengan teliti.

Dilansir Daily Mail, Senin (20/2/2012), meski sudah terbungkus selama ribuan tahun di dalam tanah, sarkofagus ini memiliki ukiran wajah yang sangat halus. Sarkofagus ini diyakini berisi seseorang yang memiliki jabatan tertentu, karena selain memiliki ukiran yang halus juga terlihat terawat oleh pasir.

Potongan dari sarkofagus kayu ini ditemukan oleh tim dari University of Jean, Spanyol yang telah melakukan penggalian di lokasi penemuan tersebut sejak 2008 lalu. Selain sarkofagus ini, tim itu juga berhasil menemukan 20 mumi dan sebuah makam yang berumur sekira 1830 sebelum masehi.

Penggalian ini dipimpin oleh Alejandro Jimenez Serrano, bersama dengan 16 staf dari Jean serta universitas di Granada dan London. Penggalian ini, menurut Serrano, juga memungkinkan mereka untuk mengembangkan teknik baru, seperti RTI atau pemindai 3D yang membantu membaca teks hiroglif dengan akurasi yang lebih baik.

Qubbet el-Hawa merupakan pemakaman kuno yang telah digunakan sejak 2250 sebelum masehi dan disediakan sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk beberapa orang yang memiliki kedudukan tinggi di negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: