Cara mengatasi tidur yang mendengkur

25 Mar

Apakah tidur Anda atau orang terkasih Anda mendengkur saat tidur? Terkadang mendengar teman sekamar mendengkur memang tidak menyenangkan dan amat mengganggu. Jika tidak terbiasa tidur dengan kebisingan, terkadang mendengar dengkuran sebelum tidur terasa tidak nyaman. Akibatnya, tidur Anda menjadi tidak jenak.
Mendengkur sebenarnya merupakan hal alamiah. Sekitar 45% orang dewasa tidur mendengkur. Jika Anda memiliki masalah mendengkur yang serius, Anda tidak perlu khawatir atau minum obat tertentu untuk menyelesaikannya. Ada banyak terapi dan obat organik yang dapat Anda coba.

Pertama, cobalah ubah posisi tidur Anda. Jika Anda tertidur dengan sandaran pada punggung, maka bagian belakang lidah dan langit-langit lunak rongga atas mulut akan menutup alur udara ke tenggorokan. Karenanya, dengkuran akan terdengar keras. Mengubah posisi tidur memang tidak semudah kedengarannya, namun cobalah meminta sedikit bantuan. Coba gunakan bantal untuk menjaga posisi tubuh Anda.

Kedua, Selain mengubah posisi tidur Anda, cobalah juga perhatikan kebiasaan tidur Anda. Bekerja berjam-jam dengan hanya sedikit tidur, akan menyebabkan tidur Anda amat nyenyak. Dengkuran biasa terdengar sesaat setelah kepala Anda mengenai bantal.
Dalam keadaan ini, dengkuran muncul akibat pergerakan pada otot-otot di bagian belakang tenggorokan. Jika hal ini yang terjadi, cobalah mengurangi tugas yag memaksa Anda bangun pagi atau tidur terlalu larut malam. Cukup istirahat dengan menyelaraskan gaya hidup, terbukti akan mengurangi dengkuran.

Ketiga, Dengkuran juga dapat terjadi bila Anda kurang minum. Langit-langit lunak dan cairan pada hidung mereka akan yang mengalami dehidrasi, akan menjadi tebal dan lengket. Akibatnya, akan terdengar dengkuran keras. Karenanya, konsumsilah cukup air sebelum tidur.

Keempat, Alergen di kamar tidur juga dapat berkontribusi pada kebiasaan mendengkur. Cobalah membersihkan kipas angin, dan mengganti bantal Anda. Alergen yang terjebak dalam bantal dapat terhirup hidung dan mulut saat Anda tidur, sehingga menyebabkan reaksi alergi yang dapat menyebabkan dengkuran meningkat.

Jika perlu, konsultasikanlah ke dokter jika masalah dengkuran saat tidur sudah amat mengganggu

6 Tanggapan to “Cara mengatasi tidur yang mendengkur”

  1. Cek Info Maret 25, 2012 pada 2:02 pm #

    biasany bapak2 sob, tp biasany jg ad yg remaja ngoroook😀

    *ap kabar sob?🙂 visitbackny dtunggu

  2. Chenkgelate Profil Maret 26, 2012 pada 6:07 am #

    iya jgk sih sob biasanya bapak2 tapi kebanyakan yang mengorok itu yang udah kecapekan bener sob . .
    bahkan sampai2 kluar iler nya . .
    hkhkhk

    Siip ke TKP

  3. Admin Ovoo Maret 26, 2012 pada 10:38 am #

    sob saya mau tanya nih, gimana caranya membuat berita foto kayak di bawah blog sobat ? terimakasih

  4. Chenkgelate Profil Maret 26, 2012 pada 11:40 am #

    wah itu mah Recent post per label sob . .
    ntar dech ane share tentang cara buat nya sob . .
    ditunggu aja ya sob . .

  5. Admin Ovoo Maret 26, 2012 pada 12:21 pm #

    oooh gitu ya sob , oke deh ane tunggu entar tutornya , makasih ya son😀

  6. Chenkgelate Profil Maret 26, 2012 pada 1:08 pm #

    Siip dech sobat🙂 ditunggu aja yak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: